Rabu, 24 Juli 2013


Unsur Ekstrinsik Pengarang


Ayu Utami
1.      Latar Belakang Psikologis  

Dari latar belakang psikologi Ayu utami yang mempunyai pandangan kebebasan dalam segala hal dan ia merupakan seorang wanita yang keras yang dapat dianalisis dari pengalaman pekerjaannya, dan bergabungnya ia di komunitas Utan Kayu yang merupakan sebuah pusat kegiatan seni, pemikiran, dan kebebasan informasi membuatnya semakin memiliki pemikiran pemikiran yang bebas sehingga ia dikenal dengan  novelis pendobrak kemapanan, khususnya masalah seks dan agama, dari psikologis pengarang tersebut tentunya  sangat mempengaruhi karya karyanya termasuk Saman yang merupakan novel pertama Ayu Utami,yang sangat fenomenal pada tahun 1998 karena telah berani mengangkat hal-hal yang tabu kedalam sebuah karya sastra, selain ia juga mengkritisi pemerintah pada masa itu yang kurang mendengar suara rakyat. 

2.      Latar Belakang Sosial Masyarakat

Novel Saman merupakan novel yang muncul pada tahun 1998, yang lingkungan masyarakat pada saat itu sungguh sangat kompleks. Masyarakat yang pada saat itu merasa terbelenggu oleh peraturan- peraturan pemerintah, suara rakyat tidak didengar,sehingga pecahlah reformasi yang memberikan kelonggaran pada rakyat untuk berbicara. Latar belakang tersebut ternyata juga mempengaruhi karya-karya sastra pada masa itu, khususnya Saman yang mendobrak semua hal yang telah ada, dan berani mengeluarkan pemikiran-pemikirannya tanpa batasan. Dan dalam novel inipun terkandung kritikan bagi pemerintah dengan menggambarkannya dengan penguasa yang menindas rakyat kecil. 

3.      Latar Belakang Pendidikan

Latar belakang Pendidikan Ayu Utami sedikit banyak juga mempengaruhi karya-karyanya. Menamatkan S1 pada jurusan sastra rusia, membuat pandangan dan pemikirannya lebih bebas dan kritis. Kemudian beberapa program pendidikannya yaitu pernah sekolah Advanced Journalism, Thomson Foundation, Cardiff, UK (1995)  dan Asian Leadership Fellow Program, Tokyo, Japan (1999), juga menambah pengalamannya dan pengaruh dalam dirinya yang suka menulis. Sehingga karya pertamanya Saman bukan lagi karya yang sembarangan karena banyak pengalaman dan pemikirannya dari latar belakang pendidikannya tersebut.

4.      Latar Belakang Agama

Latar belakang agama penulis sangat mempengaruhi karyanya Saman, Ayu Utami yang seorang Khatolik membuat karyanya Saman bisa menggambarkan dengan baik masalah kepastoran dan gereja.  Dan dari latar belakang agama ini, penulis juga dapat secara baik menggunakan istilah –istilah Agama Khatolik yang jarang diketahui umat agama lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar